Baca Yach... N Jangan Lupa Comentnya

Jumat, 25 Mei 2012

Teater Koma


Di Indonesia banyak banget komunitas-komunitas teater yang bermunculan. Nah, dari sekian banyak komunitas teater, kali ini aku pengen ngenalin ke kalian semua komunitas teater yang bernama
Teater Koma.
Langsung saja, mungkin yang belum tau nama teater Koma ini asing banget buat kalian. Tetapi jangan salah teater ini udah lama banget berdiri dan tetap  eksis di dunia seni khususnya teater sampai sekarang.
Teater ini berdiri pada tanggal 1 Maret 1977. Nah, bisa dihitung sendiri tuh udah berapa tahun lamanya jungkir balik di dunia seni. Pendiri dari kelompok teater ini berjumlah 12 orang. Sampai taun 2007 teater ini sudah menggelar 111 pementasan. Banyak banget kan?. Tentunya udah banyak banget karya-karya yang di hasilkan oleh kelompok teater ini. Karya-karyanya diantaranya Rumah Kertas, Republik Bagong, Pialang Segitiga Emas, Suksesi dan masih banyak lagi karya-karya lainnya.
Teater berdiri secara independen. Karya-karyanya terkadang menyindir situasi sosial-politik di Indonesia. Sehingga harus berhadapan pula dengan pihak yang berwenang. Walaupun seperti itu, teater ini selalu memiliki penggemar setianya. Teater ini ingin terater berkembang secar sehat sehingga nantinya dapat menjadi tontonan yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Teater Koma yakin, teater bisa menjadi salah satu jembatan menuju suatu keseimbangan batin dan jalan bagi terciptanya kebahagiaan yang manusiawi. Jujur, bercermin lewat teater, diyakini pula sebagai salah satu cara untuk menemukan kembali akal sehat- budi-nurani.
Semoga akan semakin banyak teater-teater di Indonesia yang memiliki kesadaran seni yang tinggi seperti Teater Koma.
Sekian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar