Baca Yach... N Jangan Lupa Comentnya

Rabu, 15 Februari 2012

Apa sich Theater itu?


Apakah anda mengetahui tentang teater? Kata teater sepertinya sudah tak asing lagi bagi kita.,.,.,. teater selalu terkait dengan seni peran. Ya, memang teater merupakan salah satu cabang seni yang menitik beratkan pada peran atau akting. Teater ternyata telah ada sejak jaman manusia primitif .
Untuk lebih jelasnya kita lihat penjelasan mengenai sejarah dan asal teater tersebut.
Menurut bahasa Teater dalam bahasa Inggristheater atau theatrebahasa Perancis théâtre berasal dari kata theatron (θέατρον) dari bahasa Yunani, yang berarti "tempat untuk menonton”. Menurut istilah teater adalah cabang dari seni pertunjukan yang berkaitan dengan akting/seni peran di depan penonton dengan menggunakan gabungan dari ucapan, gestur (gerak tubuh), mimik, boneka, musik, tari dan lain-lain.

Di indonesia dalam perkembangannya teater dibagi menjadi dua yaitu teater klasik dan modern. Teater klasik sudah ada sejak jaman kerajaan-kerajaan dulu. Para seniman teater dihidupi oleh raja dengan menjadi pegawai kerajaan yang mendapat tugas religius dan tugas mengangkat kebesaran dan kemuliaan raja. Contohnya wayang kulit, wayang orang, wayang golek. Teater modern merupakan teater yang bersumber dari teater tradisional tetapi telah dipengaruhi oleh budaya barat. Misalnya ludruk, kethoprak jenis ceritanya diambil dari dunia modern.

Semakin lama Dunia teather mulai ditinggalkan kini kita lebih menyukai  drama yang menggunakan naskah. Hal ini karena seniman-seniman teater dituntut untuk lebih profesional lagi dan lebih memiliki kemampuan yang lebih modern. Misalnya saja , kemampuan untuk memasarkan teater itu sendiri, kemampuan untuk mengerti selera penikmat teater sehingga nantinya dapat menyuguhkan lakon yang menarik untuk dinikmati.
Akhir-akhir ini teater sekolah telah marak tumbuh. Bukan hanya di sekolahan tetapi juga dikalangan perguruan tinggi. Hal ini ditunjang oleh dana dari pihak sekolah maupun perguruan tinggi itu sendiri. Dengan demikian mulai bermunculan generasi-generasi baru dibidang teater. semoga  saja kita nantinya dapat mengembangkan lebih jauh lagi seni teater ini baik didalam negeri maupun luar negeri.

3 komentar:

  1. sma ku juga teaternya berkembang..alhamdulillah terkadang dapat juara...

    BalasHapus
  2. jadi pngen deh tau lebih lanjut tentang teater

    BalasHapus
  3. hmmm... jd inget dlu di SMA wktu maen teather.... :)... bermanfaat nie

    BalasHapus